My Work

Wajib Militer di Indonesia


Melihat dari beberapa negara maju yang sudah menerapkan program ‘Wamil’, sebutan akrab untuk ‘Wajib Militer’ nampaknya akan berdampak besar bagi perubahan bangsa Indonesia, lebih khususnya terhadap pembentukan karakter bangsa, yang lebih dikhususkannya lagi untuk para pemuda Indonesia. Ya setidaknya dapat memberikan upaya proteksi terhadap berbagai dampak intervensi dari luar yang masuk. Baik berupa budaya, serangan-serangan, ataupun ancaman-ancaman lain. Selain sebagai perlindungan terhadap keamanan negara, hal ini setidaknya dapat membuat para pemuda mempunyai mental baja dalam setiap masalah yang dihadapai. Tidak hanya masalah pribadinya saja, akan tetapi permasalahan bangsa pula. Walaupun jika suatu saat terdapat serangan yang tidak diinginkan, setidaknya hal ini minimal bisa diatasi oleh para pemuda, baik itu melalui kontribusi pemikirannya maupun kontribusi tenaganya.
Ya kita sebagai rakyat yang berada di bawah pemerintah hanya bisa menunggu kebijakan ini ditetapkan atau tidak. Tinggal bagaimana pemerintah saja bersikap tegas terhadap opini ini. Mudah-mudahan tidak hanya sekedar isu yang terus diumbarkan saja kepada rakyat, tidak hanya berbagai program yang direncanakan tanpa ada penerapannya, akan tetapi benar-benar dipertimbangkan secara matang, mengenai dampak dan manfaatnya.
Kalaupun rencana ini benar-benar ditetapkan, rakyat hanya berharap agar para orang-orang yang berkepentingan (maksud disini adalah pemerintah) tidak lagi memakan uang rakyat lagi yang seharusnya digunakan untuk kepentingan rakyat dan berdampak untuk kepentingan negara lagi. Ya semoga saja program ini berjalan sesuai undang-undang serta tujuan yang telah ditetapkan.

Karawang, 04 Agustus 2012
Redza Dwi Putra

Potret Kata Designed by Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.