My Work

Sang Saka Merah Putih



Sang Saka Merah Putih. Itulah julukan untuk identitas Indonesia. Sekedar berbagai, tentang sebuah filosofi, untuk membanggakan diri dan negeri.
Terlepas dari sejarah asli tentang makna merah putih untuk negeri. Ada sebuah filosofi tersendiri. Ini hanya berangkat dari pemikiran sendiri. Ok langsung saja, enggak perlu basa-basi.
Sejauh ini kita mengenal merah putih sebagai bendera identitas kita. Merah yang berarti berani sedangkan putih berarti suci. Ya itu memang hal yang lumrah sekali tentang hakikat filosofi warna. Namun sekarang, mengapa warna merah berada di atas warna putih?. Ok sekarang pegang prinsip bahwa merah adalah berani dan putih adalah suci.
Jawaban dari pertanyaan tadi, mungkin seperti ini, setiap keberanian yang terlahir dalam diri selalu didasari dari kesucian, kesucian hati, kesucian pikiran, dan kesucian jiwa. Itulah sebabnya mengapa warna putih berada di bagian bawah. Tapi ingat, bukan berarti merendahkan kesucian dibawah keberanian. Sekali lagi kesucian tetap menjadi dasar terlahirnya keberanian. Hati yang suci nan jernih serta pikiran yang suci dan bersih pula selalu melahirkan jiwa yang gigih pula. Itu sebabnya pula terpikirkan oleh para pejuang kita, mana yang harus dilakukan ketika menghadapi para penjajah, berjiwa berani ataukah tetap berdiam diri?.
Hanya itu saja sekiranya, mudah-mudahn saja filosofi ini bisa berpindah ke dalam diri kita semua untuk bisa bertindak berani yan didasari atas hati, pikiran,  serta jiwa yang suci. Dirgahayu Indonesiaku..!!
Karawang, 17 Agustus 2012
Pukul 23.05
-Redza Dwi Putra- 

Potret Kata Designed by Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.