My Work

Hubungan antara kanker dan lingkungan karsinogen


Kanker bisa dipicu oleh berbagai hal, salah satunya adalah lingkungan sekitar. Penyebab yang berasal dari lingkungan tersebut biasanya adalah zat karsinogen yang sering ditemukan di sekitar rumah, tempat kerja, dan berhubungan dengan pola hidup yang dijalani.
Zat karsinogen menyebabkan mutasi DNA yang memicu kanker, meskipun ada pula mutasi DNA yang disebabkan karena warisan dari orang tua. Beberapa jenis zat karsinogen terkait dengan kebiasaan merokok, pola makan buruk, sinar ultraviolet, perawatan medis, bahan kimia di lingkungan sekitar, dan juga polusi.
Meskipun demikian, menyadari akan adanya zat karsinogen lantas tidak membuat Anda pasti berisiko terserang kanker. Namun setidaknya Anda bisa menghindari zat karsinogen tersebut untuk menurunkan risiko kanker. Anda pun sebaiknya menyimak beberapa jenis lingkungan karsinogen yang bisa menyebabkan kanker seperti yang dilansir dari She Knows (16/04) berikut ini.
InfeksiBanyak kasus kanker yang berhubungan dengan infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan parasit. Beberapa infeksi bahkan bisa menciptakan radang atau pembengkakan yang berujung pada kanker.
RadiasiBentuk radiasi biasanya adalah sinar ultraviolet yang bisa menghancurkan DNA dan memicu kanker. Radiasi ion yang berupa sinar X, sinar gamma, dan materi radioaktif juga tak kalah berisiko dengan ultraviolet.
RadonRadon adalah gas tak berwarna dan tak berbau yang ditemukan pada minyak dan batu, di dalam maupun di luar ruangan, dan bocor dari bagian sela-sela lantai atau dinding. Radon ini dikaitkan dengan penyakit kanker paru-paru.
Knalpot dieselAsap dari knalpot kendaraan seperti truk, bus, kereta, pabrik, generator, kapal, dan berbagai jenis alat transportasi lain yang bermesin diesel pun mampu menyebabkan kanker.
Perokok pasifBukan hanya perokok aktif, namun perokok pasif pun bisa meningkatkan risiko terserang kanker. Oleh sebab itu sebaiknya Anda segera menghindari lingkungan orang-orang yang merokok untuk menurunkan risiko kanker.
Bahan kimiaSejumlah bahan kimia seperti benzena (dalam bensin, knalpot mobil, rokok), asbes,tetrakloroetilena (dalam dry cleaning), dan arsenik (dalam beberapa jenis bahan makanan) juga dilansir sebagai penyebab berbagai macam jenis kanker.
Produk rumahanLingkungan karsinogen yang terakhir adalah produk rumahan yang ditemukan pada pewarna rambut, bedak, dan kosmetik lainnya. Oleh sebab itu Anda sebaiknya harus berhati-hati dalam memilih produk jenis kosmetik yang Anda gunakan.
Setelah mengetahui berbagai zat karsinogen yang mampu memicu kanker, ada baiknya Anda menghindari lingkungan tersebut di atas sebisa mungkin untuk menurunkan risiko terserang penyakit kanker.

Potret Kata Designed by Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.