My Work

PON RIAU XVIII-Welcome The Hero


Perhelatan olahraga terbeasar di tanah air kembali hadir, PON (Pekan Olahraga Nasional). Pekan olahraga yang diadakan setiap empat tahun sekali ini tampak begitu berbeda. Provinsi Riau yang menjadi tuan rumah perhelatan olahraga bergengsi ini pun dengan begitu antusiasnya menyiapkan segala persiapannya dengan begitu susah payah.  Dengan 11.276 atlet, PON Riau kali ini terasa berbeda. Pasalnya, jumlah atlet itu terbanyak sepanjang pergelaran PON yang dimulai sejak 1948 di Surakarta. Dengan lambang PON kali ini yaitu perahu lacang kuning dan maskotnya adalah burung serindit, hewan khas dari Riau menambah keunikan dari pergelaran event olahraga terakbar di bumi pertiwi ini.
            Tepat pada 11 September 2012 malam, PON XVIII secara resmi dibuka oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono di Stadion Utama Riau. Beragam atraksi spektakuler ditampilkan demi memeriahkan event olahraga empat tahun sekali ini. Beragam budaya asli Indonesia juga ikut dipentaskan dengan didesain oleh koreografer-koreografer ternama. Ya, walaupun di berbagai media disebutkan bahwa Opening Ceremony PON kali ini begitu minimalis, setidaknya kita perlu mengapresiasi berbagai persiapan tuan rumah demi menyambut Sang Juara di bumi lancing kuning ini. Penampilan budaya Indonesia disuguhkan dengan begitu menarik. Konsep pencahayaan yang mempesona, serta desain stadion yang disulap seperti panggung pagelaran seni inilah yang membuat opening ceremony PON terasa menarik.
            Terlepas dari beragam kesemrawutan yang terjadi, adakalanya sesekali kita merenungkan sejenak bahwa bangsa kita ini kaya akan beragam budaya yang perlu dibanggakan, budaya yang semakin hari semakin pudar oleh pengaruh globalisasi yang kian menggerus. Kebanggaan yang seharusnya tertanam di jiwa bangsa ini. Budaya yang tidak boleh kita lupakan. Ya, opening ceremony PON kali inilah yang mengingatkan kita, bahwa Indonesia sesungguhnya punya beragam budaya yang amat sangat pantas untuk dibanggakan. Bukan hanya sebagai mutaira yang terpendam nun jauh di dalam samudra sana.
            Opening ceremony yang begitu memukau tidak kalah pula dengan segala kesemrawutan yang terjadi di PON XVIII kali ini. Mulai dari fasilitas olahraga yang kurang memuaskan, akomodasi para atlet kontingen yang mengenaskan, hingga permasalahan pertandinagn yang terancam dibatalkan pun mewarnai PON kali ini. Dibalik itu semua, masih saja korupsi menggerogoti ajang olahraga terbasar ini. PON yang seharusnya didukung sepenuhnya oleh semua elemen masyarakat, telah menjadi santapan bergizi oleh para pejabat-pejabat korup di negri ini. Mengapa mereka tidak berbenah diri? Bukankah setahun lalu mereka pula telah mempermalukan Indonesia di event Olahraga tebesar se Asia Tenggara ini dengan menyelipkan sejumlah anggaran yang seharusnya digunakan untuk event ini. Ya, tetapi mengapa, masih saja mereka terperosok ke dalam lubang yang sama?. Masih saja hal yang sama terulang kembali. Indonesia seperti kehilangan martabatnya dikala ikut serta dalam event olahraga apapun.



            Entahlah, begitu kejinya mereka. Efek korupsi yang membuat dampak yang begitu besar pada jalannya event ini. Pembangunan yang sudah direncanakan empat tahun  masih saja dikebutkan, bahkan pada hari H pun masih saja terlihat kegelagapan untuk mengejar pembangunan yang tidak selesai sesuai target. Dengan logika yang sederhana, empat tahun adalah waktu yang sangat cukup untuk menyiapkan segalanya. Ya, lagi-lagi seliapan uang kembali terjadi di berbagai pejabat-pejabat terkait. Akibatnya, PON yang menjadi sasarannya. Ya, pantas saja yang telah disebutkan di atas bahwa beberapa media menilai PON kali ini begitu minimalis. Inilah salah satu dampak yang terjadi.
            Ya, apapun kondisinya, Walaupun berbagai keluhan keluar dari para atlet, jangan sampai menyurutkan kobaran semangat dalam bertanding. Juara tetaplah Juara. Koruptor tetaplah koruptor. Yang menang tetaplah menang dan perlu diapresiasi. Yang salah tetaplah salah dan harus dihukum secara pasti. Amanah yang telah diemban oleh para kontingen daerah harus dijalankan sebaik mungkin. Buktikan bahwa semangatmu untuk mengemban amanah daerah asal yang telah dipercayakan kepadamu ditunjukan kepada orang-orang yang tidak bertanggung jawab atas penyelenggaraan ini. Biarkanlah mereka merasa malu atas sikapnya yang selama ini salah yang engkau tunjukan dengan prestasi yang engaku raih di ajang PON XVIII ini. Selamat datang Sang Juara. Selamat bertanding Sang Juara.
Buat apa kau menangis jika masih ada senyum, buat apa kau mundur kawan, jika hidup berjalan maju. bila kau terjatuh, segera bangkit dan bangun. pusatkan pikiran dan tetap melaju. Fokus, konstan..!! tetap lihat ke depan kawan, genggam erat pegangan, lihatlah titik tuju, raih pusat sasaran, jadilah nomor satu. (Bondan Prakoso and Fade 2 Black - Sang Juara)
Selamat datang sang juara
Siap sepenuh jiwa
Bukti keringat semangat Go Indonesia!
Ini semangat kita, semangat sang juara
Bukti keringat kita, semangat untuk Indonesia...
selamat datang sang juara..
(Lagu Resmi PON RIAU XVIII 2012)
Surakarta, 12 September 2012
-Redza Dwi Putra-

Potret Kata Designed by Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.