My Work

Kesehatan Gigi dan Mulut, Kunci Kesehatan Tubuh


Gigi-simple tapi begitu bermakna. Setiap orang tentunya ingin memilki gigi yang baik, bersih, dan juga rapi. Akan tetepi seperti biasanya saja, keinginan selalu saja dikalahkan dengan upaya yang malas untuk mengurusnya. Selalu saja dari kita masih mengacuhkan perawatan gigi dan mulut. Padahal, ketika kita sudah mengalami sakit gigi, begitu gencarnya keluhan yang terlontarkan karena begitu sakitnya apa yang sedang dideritanya. Ya, konsekuensi logis dari malas mengurus perawatan gigi akan berdampak pada terganggunya kesehatan gigi, khususnya sakit gigi berlubang yang begitu menderita.
Jika sakit gigi dibiarkan begitu saja, tentunya akan berdampak fatal bagi tubuh. Pasalnya, bakteri yang berada dalam rrongga mulut bisa masuk ke pembuluh darah yang berada di dalam gusi melalui gigi berlubang tersebut. Bakteri yang masuk bahkan bisa menyebabkan sakit jantung, stroke, ginjal, infeksi sendi, kerapuhan tulang, hingga diabetes melitus.

Ya sebenarnya penyakit gigi dan mulut sanagt mudah diatasi, yakni dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari. Dengan menyikat gigi dengan teratur, resiko gigi berlubang akan berkurang 50 persen. Menyikat gigi ini pun nampaknya masih banyak anggapan masyarakat yang kurang tepat bahwa menyikat gigi dua kali sehari adalah pada saat mandi. Padahal yang benar adalah ketika pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.
Selain dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari, salah satu cara pencegahan lain adalah dengan melakukan perawatan rutin ke dokter gigi minimal setiap enam bulan sekali. Akan tetapi kesadaran inilah yang belum tertanam dalam diri kita. Beragam alasan mewarnai pencegahan ini. Mayoritas terkendala dengan masalah financial atau biaya. Memang biaya untuk perawatan ini tidak sedikit, akan tetapi dengan perawatan dan pencegahan yang teratur nampaknya kan lebih murah ketimbang mengobati ketika sudah menderita sakit gigi. Ya, pencegahan tentunya lebih murah daripada pengobatan. Biaya pengobatan akan menjadi lebih mahal karena pasien datang terlambat. Selain itu pun karena kurangnya pengetahuan masyarakat akan pentingnya perawan gigi dengan pergi ke dokter gigi.
Berikut ada beberapa tips yang sekiranya bisa kita terapkan dalam kehidupan kita merawat gigi agar terhindar dari berbagai penyakit :
ü  Gosoklah gigi sekurang-kurangnya dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung flouride. Pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur
ü  Setiap seminggu sekali lakukanlah kumur-kumur dengan obat kumur yang bisa membantu mencegah terjadinya plak dan karang gigi
ü  Sikatlah gigi dengan baik dan benar, yaitu dengan menjangkau ke seluruh permukaan gigi dengan arah dari gusi ke gigi
ü  Berhati-hatilah dalam penggunaaan pemutih gigi
ü  Pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu yang halus dan embut
ü  Hindari makanan yang terlalu banyak mengandung gula dan makanan yang bertepung
ü  Konsumsi buah dan sayur yang dapat mebersihkan gigi, seperti, wortel, apel, dan seledri
ü  Berhentilah merokok
ü  Batasi anggur merah, kopi, dan teh
ü  Sisihkan uang untuk periksa ke dokter gigi setiap enam bulan sekali
Ya berikut adalah beberapa tips menjaga kesehatan gigi dan mulut agar terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. Tanamkan langkah-langkah tersebut sejak dini dan jaklah orang-orang di sekitar anda agar bersama senantiasa menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Inspirasi : Kompas ( 09/09/2012)
Surakarta, 10 September 2012
-Redza Dwi Putra-

Potret Kata Designed by Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.