My Work

Harmoni Cinta dan Bahagia

Kala cinta menggebu, terkadang membuat kita semakin bisu nan kaku. Tak seucap kata pun sempat terlontar, bahkan tak sedikitpun raga sempat untuk dipersembahkan. Karena, barangkali cinta teramat spesial bagi siapapun untuk diucapkan, juga teramat hebat bagi siapapun untuk dipersembahkan. Itulah yang membuat kita membisu dan kaku ketika memberi dan diberi cinta.
Siapa yang mengenal cinta, dialah orang yang bermakna. Maka, sekarang sesekali tengoklah kepada hati yang mungkin selama ini tidak kau lihat. Bukalah tabir yang selama ini menutup pintu hatimu untuk tak mengenal cinta. Perlahan kau akan menjelajahi setiap relung di jiwamu. Hingga pada akhirnya, jika kau telah sampai pada hatimu yang memberimu kekuatan untuk menebar cinta, maka sampaikanlah padanya bahwa diluar sana masih banyak orang-orang yang ingin mendapatkan cinta dari kita. Masih banyak pula cinta-cinta palsu yang selama ini tersebar di sekitar kita. Dalam kata mungkin cinta itu dimuliakan, tetapi dalam laku cinta itu hanya dikhianati.
Itulah mengapa dunia ini selalu dipenuhi dengan keculasan untuk menyatakan dan melaksanakan cinta. Itulah mengapa nasihat yang pertama kali kuberikan kepadamu adalah menengok ke dalam hatimu yang teramat spesial. Karena disanalah,di hatimulah sumber pembangkit kekuatan cinta. Cinta yang juga teramat spesial-sama seperti hatimu yang juga teramat spesial.
Menyoal cinta, alangkah indahnya jika aku bercerita sedikit walau itu sebenarnya juga terasa sakit. Maka sekarang tenanglah, biarlah hatimu yang akan meresapi dengan sebaik-baiknya pemahaman bahwa bukankah banyak manusia-manusia terbaik di dunia ini yang justru pernah merasakan dicaci dan juga dibenci banyak orang. Satu, seribu, atau sejuta sekalipun orang yang membenci dan meremehkanmu tak serta merta harus menyulut padamnya cinta yang kau berikan kepada orang-orang. Meskipun kau merasa sakit, pun itu tidak selamanya akan merusak dan mencuri kebahagiaanmu untuk menyebar cinta.
Tetapi bagi orang-orang ini, mereka akan terus berlari meski sebenarnya mereka merasa lelah, mereka bisa terus terjaga meski mata seharusnya mendapati tempat terbaik untuk terpejam, mereka terus berpikir padahal bibir mereka perlu tersenyum.
 Bagi orang-orang yang seperti ini, mereka punya ksesmpatan untuk berbagi kebahagiaan lewat cinta. Pun mereka punya kesempatan untuk menyaksikan bagaimana orang lain ikut berbahagia lewat cinta-cinta yang mereka berikan. Cinta bisa dipalsukan, tetapi kebahagiaan tak akan mengkhianati rasa cinta. Itulah mengapa para anak-anak akan merasa bahagia atas cinta kasih sayang orang tuanya. Itulah mengapa para murid dalam nuansa pembelajarannya masih merasakan hangatnya kebahagiaan dari seorang gurunya yang memberikan cintanya yang tulus. Itulah mengapa seorang rakyat akan merasa sejahtera dan sekaligus bahagia mendapatkan cinta kepeduliaan seorang pemimpin kepadanya. Itulah mengapa seorang kekasih juga akan merasa bahagia menerima kekauatan dan kesetiaan cinta pasangannya.
 Nah, kekuatan cinta memang terkadang tak bisa terkira. Layaknya rasa bahagia yang menyedot semua kekuatan dalam tubuh kita. Adakalanya kekuatan cinta seperti banteng terluka, menyeruduk semua hal-hal tabu yang tak biasa orang lain lakukan. Lantas hanya sepersekian detik, kekuatan menyeruduk mampu meluluh-lantahkan segala tenaga yang ada. bahkan hingga membolak balikkan keadaan yang semula benci menjadi sayang tak terperi, semula ditinggalkan menjadi dibutuhkan, dan semula dipaksa menjadi sukarela.
Inilah tentang kekuatan cinta yang hebat. Yang akan membawa yang biasa menjadi luar biasa, yang menjadikan tak membekas apa-apa menjadi sangat bermakna. Itulah cinta, yang menjadi primadona baru bagi perjalanan kita. Itulah cinta, yang akan memberi warna yang istimewa-bahkan bisa saja warna yang tak lagi tersedia dalam cat minyak para pelukis terhebat. Memberikan keindahan warna yang eksotis nan indah.
Inilah cinta yang sempat muncul di tengah keraguan dan ketidaktahuan. Ketika kening terus mengkerut dan tak henti memikirkan hidup. Ketika berbagai suara menyeruak masuk ke dalam telinga-membisikkan arah-arah yang memberikan banyak pilihan. Maka, cinta perlahan akan hadir. Memberikan kepada kita pilihan terbaik dan jalan terbaik dari sekian banyak pilihan yang ada di segala penjuru mata angin.
Mungkin kita perlu memberitahu kepada orang-orang tentang hal-hal luar biasa urusan cinta. Kita perlu memberitahu orang-orang bahwa ada sensasi yang semula biasa akan menjadi sesuatu yang sungguh luar biasa kala kita menyebar cinta. Beritahu mereka bahwa ada hal yang sangat bahagia ketika kita melempar pesan-pesan cinta, lantas pesan itu akan tetap terbang, membawa pesan-pesan kebahagiaan yang akan disampaikan kepada orang lain.
Ketika itu sudah terjadi, maka tak usah kita merasa terburu-buru mengharapakan pesan-pesan itu sampai kepada orang-orang yang kita pilih. Karena cinta itu tak mengenal batas kepada siapa dan kemana saja kita harus menyebar dan menerima. Karenanya semua orang membutukan cinta agar tetap kuat berpijak, agar mampu menopang beban kehidupan sambil tetap tersenyum lepas, agar mampu menahan cobaan yang sempat terpikul meski sebenarnya tetap mampu untuk tetap berlari meraih mimpi.
Dan bila orang-orang bertanya tentang bagaimana memperoleh cinta, maka katakan sambil tersenyum, tak ada cara yang lebih sederhana selain bahagia dengan cinta. Karena dalam hidup ini kekuatan cinta sungguh sangat bermakna. [redza]

Potret Kata Designed by Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.