My Work

KETERATURAN ITU..PENTING..!!

Dalam kehidupan sehari-hari, anda terkadang merasa bahwa jam-jam yang anda lalui dalam hari anda merasa kosong, tidak bermakna, dan seolah-olah tidak membangun kualitas anda dalam berkarya.
Lalu pertanyaannya, mengapakah anda masih saja menyibukan diri dengan menghabiskan jam-jam dalam hari anda, jika anda penuh yakin dan telah terbukti tidak ada kejayaan yang mampu membangun kualitas hidup anda menjadi lebih baik dari sebelumnya ?? Apakah karena anda masih merasa ragu dan takut untuk meninngalkan lingkungan dan kawan anda, yang telah lama melebur dalam kehidupan anda? Hmm...ataukah karena ketakutan anda yang membuat anda sulit untuk menginjakan kaki anda di jalan yang harus anda lalui ??
Hmm...
Wahai kawanku...!! Sungguh yang memainkan hidupmu adalah dirimu, bukan kawanmu dan lingkunganmu. Maka sesungguhnya anda berhak untuk memutuskan apa yang harus anda lakukan untuk membangun kualitas kehidupan anda menjadi lebih baik. Dan sekali lagi bukan kawanmu, juga bukan lingkunganmu. Maka putuskanlah..!! Jika bukan kita yang memutuskan bagi kebaikan hidup kita sendiri, siapakah yang kita tunggu untuk memutuskannya bagi kita?. Mudah-mudahan Dia Yang Maha Berkuasa senantiasa menguatkan kita untuk berlaku setegas yang kita ketahui harus kita lakukan. Karena Tuhan Maha Kuasa, Maka kita jaga agar jalan yang kita lalui tetap pada jalan yang diridhoi oleh-Nya.
Mari bersama kita perhatikan..!! karena hidup anda adalah pertarungan anda, maka setidaknya anda pun perlu menyusun keteraturan dalam hidup anda. Hilangkanlah sifat alamiah yang senang akan spontanitas (ketidakteraturan)-yang terkadang dimiliki oleh kebanyakan orang. Oleh karenanya, Pastikanlah bahwa kehidupan anda adalah sistem anda pula. Janganlah anda membiarkan terlalu lama sistem teratur yang anda jalani ini, karena anda akan mendapatkan hal yang tidak anda inginkan.
Perhatikanlah..!! jika anda biarkan, suatu sistem yang teratur akan menjadi tidak stabil dan berkurang keteraturannya sejalan dengan waktu. Perubahan sistem dari keadaan stabil menjadi tidak stabil adalah peningkatan entropi. Hal ini merupakan sebuah konsep dasar mengenai hukum entropi dalam hukum kedua termodinamika, yang merupakan salah satu hukum fisika dasar. Untuk memahami hal ini mari kita memperhatikan analogi berikut ini, Jika Anda meninggalkan mobil di tempat terbuka bertahun-tahun atau bahkan cuma beberapa bulan, ketika kembali, Anda pasti tidak bisa mengharapkan mobil Anda dalam kondisi seperti pada waktu Anda meninggalkannya. Anda mungkin mendapati ban kempes, jendela rusak, dan sebagainya. Hal yang sama terjadi jika Anda mengabaikan pemeliharaan rumah beberapa hari, dan Anda akan mendapati rumah lebih berdebu dan lebih berantakan setiap harinya. Ini adalah bentuk entropi.
Melihat dari analogi diatas, mungkin anda pernah mengalami ketidakteraturan dalam hidup anda, bisa jadi karena anda terlalu lama untuk meninggalkan sistem yang sesungguhnya teratur dalam hidup anda. Tapi janganlah anda terlalu berkeluh kesah terlalu lama terhadap apa yang anda alami. karena keluh kesah anda hanya akan membuat anda semakin berkubang dalam ketidakteraturan anda. Mobil yang anda tinggalkan selama berbulan-bulan pun bisa anda perbaiki dengan memperbaiki bannya, jendelanya, membersihkannya kembali sehingga akan terlihat seperti sebelum anda meninggalkannya. Begitu pun dengan rumah yang anda telah abaikan pemeliharaannya.
Maka mulai sekarang, marilah kita bersama membangun pribadi yang sudah lama terkubur dalam sistem ketidakteraturan yang kita jalani agar kita selalu berada dalam jalan yang teratur-yang telah Allah atur untuk kebaikan hidup kita. Ingatlah sebagi nasihat untuk kita semua..!! Bukankah ke manapun kita melihat di alam semesta ini, dari galaksi nun jauh di sana sampai ke detail atom terdalam, kita menjumpai keteraturan. Terdapat sistem yang sangat rapi, yang mempertontonkan kegiatan yang sedemikian rapi, sehingga memerlukan begitu banyak informasi untuk menggambarkannya. Maka, jika alam ini saja teratur, kita pun perlu keteraturan untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.
Perlu diingat pula..!! Perubahan kualitas hidup seseorang sepenuhnya adalah hak Tuhan. Janganlah terlalu lama anda berkeluh kesah. Jika anda masih berkeluh dan keluhan anda penuh berisi ketidaknyamanan, kekurangan, kesulitan, dan keterbatasan dalam hidup, alangkah akan indah sekali jika kita menengadahkan wajah, membuka telapak tangan, dan melamatkan ratapan hati kita ke langit, ke arah kerajaan langit yang begitu agung-yang keteraturan sistemnya melebihi sistem pemerintahan di negara manapun-yang keteraturannya hanya bisa dikuasai oleh satu-satunya Dzat Penguasa di jagat raya ini, Dialah Allah Yang Maha Berkuasa atas segala ciptaan-Nya.
Semoga bermanfaat. Wassalam.

Surakarta, 26 Februari 2012
Pukul 11.57

Potret Kata Designed by Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.