My Work

Ledakkan Karyamu Sob..!!

Selalu saja ada alasan untuk melupakan, tetapi aku yakin jika kau melakukannya kelak kau tak akan dilupakkan, bahkan kau akan terus diingat. Selalu saja ada alasan untuk meninggalkan, tetapi aku yakin jika kau lakukan kelak kau tak akan ditinggalkan, bahkan akan selalu dikenang.
Kita tahu, ada kalanya kita harus meledakkan semua bom-bom hasil keringat kita. Atas alasan agar ledakkan itu mampu menggema seantero jagat. Agar orang lain tahu, agar dunia tahu apa yang telah kita perjuangkan. Tetapi ada saatnya pula kita memilih untuk terdiam-membungkam seluruh mulut kita. Bukan karena alasan kita tak mampu, tetapi alangkah baiknya kita menyimpan bom-bom hasil keringat kita. Menunggu waktu yang tepat. Nah, dalam menunggu itulah kita terus memperbaiki diri agar ledakkan yang kita ciptakkan akan lebih hebat nan bombastis. Karena bisa jadi, diam itu adalah alasan terbaik untuk kita agar terus membenahi diri. Menciptakan bom-bom terbaik. Kelak, jika bom-bom terbaikmu telah tercipta, bom-bom itu akan meledakkan seluruh perkiraanmu yang tak kau bayangkan. Bisa jadi akan ada banyak orang yang terpelongo menganga melihat hasil ledakkanmu.
            Tentu kita tak akan pernah menyangka, bagaimana mungkin seorang anak kampung yang hidup dengan penuh keterbatasan, telah membuat orang-orang di dunia ini terpana melihat ledakkan bom-bom hasil jerih payahnya. Itulah seorang Andrea Hirata lewat tulisannya dia mampu berbicara ke banyak orang tentang perjalanan hidupnya menggapai mimpi-mimpinya. Atau tentu kita tak pernah menyangka, bagaimana mungkin seorang Stephen Hawking, ilmuwan yang hampir lumpuh total ternyata ledakkannya telah membuat orang-orang mengetahui teori  tentang asal-muasal alam semesta. Atau di belahan bumi lain, seorang wanita single parent, J. K. Rowling telah meledakkan bom-bomnya menjadi sebuah karya fenomenal yang mampu menyihir dunia, dia telah menjelmakan alam imajinasinya menjadi sebuah karya yang spektakuler. Atau tak kalah hebat lagi seorang maestro musik, Bethoven, yang mengalami gangguan pendengaran justru mampu melantunkan irama-irama musik yang hebat.
            Kita tahu, ada banyak sekali halangan, keterbatasan, cobaan yang selalu mengahadang kita, tetapi kita tahu juga, saat sedang direndahkan, dilecehkan, dicaci, dicoba, maka saat yang sama itulah sejatinya kekuatan kita muncul. Sebuah kekuatan perlawanan untuk mencipta. Sebuah kekuatan perlawanan untuk merakit karya-karya terbaik kita. Banyak sekali orang yang tak sanggup menghadapi keterbatasan, hingga melontarkan sumpah-serapah, mengutuk kehidupan bahwa hidup ini tak adil. Tetapi justru orang-orang yang sabar mampu merubah keterbatasn menjadi kelebihan, mampu merubah penghinaan menjadi sebuah pengharagaan.
            Lantas bagaimana mungkin kita akan mencerca hidup jika ternyata makian kita tak sanggup untuk meluluhlantahkan cobaan yang kita hadapi. Bagaiman mungkin kita akan mengutuk hidup kita jika ternyata mantra-mantra kutukan kita tak sanggup untuk menyihir hidup ini menjadi lebih indah. Bukankah hidup ini hanyalah titipan?. Maka, jadikanlah hidupmu menjadi sebaik-baiknya titipan. Jangan kau rusak amanah itu untuk menjaganya. Ciptakan karya-karya terbaikmu.
Pergilah jika memang kau harus pergi. Karena siapa tahu masih banyak hal lain yang harus kau kerjakan di luar sana. Jangan pernah takut bermimpi, teruslah merangkai mimpi-mimpimu. Jangan pernah merasa puas untuk berkarya.  Apapun itu. Karena, dengan karya-karya yang kalian ciptakan, dengan karya-karya yang kalian perjuangkan, dengan karya-karya yang kalian ledakkan, bisa jadi kau akan dikenang. Meskipun kau sudah tiada lagi di dunia ini, tetapi karya-karyamu akan tetap hadir. Memberikan motivasi bagi orang lain. Memberikan inspirasi bagi banyak orang. Berkaryalah selama masih banyak kesempatan. Jangan  pernah puas dan jangan berhenti untuk berkarya. Berjanjillah, kelak suatu saat nanti, akan ada hal-hal hebat yang akan kau ledakkan. Jagalah diri baik-baik. Titipkanlah dirimu kepada Allah, ialah Dzat yang tidak akan pernah menyia-nyiakan barang titipannya. Semoga Allah selalu memberimu kekuatan.[Redza]

Potret Kata Designed by Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.